Laman

Categories

My Class

I studied at Gunadarma University - Informatics Engineering

Buka APPWORLD Tanpa Full Service

I studied at Gunadarma University - Informatics Engineering

Contoh CV dalam Bahasa Inggris

I studied at Gunadarma University - Informatics Engineering

Cara Membuat Makro Excel

I studied at Gunadarma University - Informatics Engineering

Daftar Klasemen Terbaru

I studied at Gunadarma University - Informatics Engineering

Minggu, 13 Mei 2012

Contoh Program Python - Program Biro Perjalanan

Berikut adalah ketentuan dari program ini :
Seorang yang ikut tour harus membayar biaya untuk 7 hari, meskipun hanya pergi kurang dari 7 hari, jika seseorang ingin peergi lebih dari 7 hari dikenakan biaya tambahan sesuai dengan biaya tambahan tiap paket.

berikut ini adalah listing programmnya :

loop = 1
pil = 0
lama = 0

def satu():
    if Lama <= 7 :
        waktu = 7
    else :
        waktu = lama

    harga = waktu*800
    total = harga
   
    hari = Lama - 7
    if hari <= 7 :
        tambahan = 0
    else :
        tambahan = hari * 75
    print
    print "Harga Paket 1 adalah 800 u$"
    print "Harga Paket anda selama ",Lama," Hari"," adalah ",harga
    print "Biaya Tambahan Per Hari adalah",tambahan
    print "Total Biaya Yang Harus Dibayar = ",total+tambahan
    return   
      
def dua():
    if Lama <= 7 :
        waktu = 7
    else :
        waktu = lama

    harga = waktu*800
    total = harga

    hari = Lama - 7
    if hari <= 7 :
        tambahan = 0
    else :
        tambahan = hari * 100
    print
    print "Harga Paket 2 adalah 1100 u$"
    print "Harga Paket anda selama ",Lama," Hari"," adalah ",harga
    print "Biaya Tambahan Per Hari adalah",tambahan
    print "Total Biaya Yang Harus Dibayar = ",total+tambahan
    return

def tiga():
    if Lama <= 7 :
        waktu = 7
    else :
        waktu = lama

    harga = waktu*800
    total = harga
   
    hari = Lama - 7
    if hari <= 7 :
        tambahan = 0
    else :
        tambahan = hari * 125
    print
    print "Harga Paket 3 adalah 1300 u$"
    print "Harga Paket anda selama ",Lama," Hari"," adalah ",harga
    print "Biaya Tambahan Per Hari adalah",tambahan
    print "Total Biaya Yang Harus Dibayar = ",total+tambahan
    return

def judul ():           
    print
    print
    print "       Program Biro Perjalanan         "
    print
    print "Lokasi Tujuan   Harga Paket   Biaya Tambahan "
    print "                 (7 Hari)       (Per Hari)"
    print
    print "1. Singapore      800 U$           75 U$"
    print "2. Thailand      1100 U$          100 U$"
    print "3. Hongkong      1300 U$          125 US"
    print "4. Keluar"
    print
    return

while loop == 1 :
    judul()
    Nama=raw_input("Masukkan Nama Peserta    : ")
    Lama=input("Masukkan Lama Berpergian : ")
    pil=input("Masukkan Pilihan Paket  : ")
    if pil==1:
        satu()
    elif pil==2:
        dua()
    elif pil==3:
        tiga()
    elif pil==4:
        quit([])
    else :
        quit([])

Program Kalkulator Sederhana Pada Python

loop = 1
pil=0

while loop == 1 :
        print ""
        print ""
        print ""
        print "Selamat Datang Di Program Kalkulator"
        print ""
        print "1) Penjumlahan"
        print "2) Pengurangan"
        print "3) Perkalian"
        print "4) Pembagian"
        print "5) Keluar"
        print ""
       
        pil = input("Masukkan Pilihan Anda : ")
        print ""
       
        if pil == 1:
                jumlah1 = input("Nilai 1 = ")
                jumlah2 = input("Nilai 2 = ")
                print jumlah1, " + ", jumlah2," = ",jumlah1+jumlah2
   
        elif pil == 2 :
                Kurang1 = input("Nilai 1 = ")
                Kurang2 = input("Nilai 2 = ")
                print Kurang1, " - ", Kurang2," = ",Kurang1-Kurang2

        elif pil == 3 :
                Kali1 = input("Nilai 1 = ")
                Kali2 = input("Nilai 2 = ")
                print Kali1, " * ", Kali2," = ",Kali1*Kali2


        elif pil == 4 :
                Bagi1 = input("Nilai 1 = ")
                Bagi2 = input("Nilai 2 = ")
                print Bagi1, " : ", Bagi2," = ",Bagi1/Bagi2

        else :
                quit()

ingat ya.. posisinya harus persis kaya gini, dan hurufnya juga harus sama persis supaya programnya jalannya lancar.. :D

Belajar Algoritma & Pemrograman

Algoritma
Tahap pengembangan program terbagi atas :
1.       Tentukan Masalahnya
2.       Perencanaan Algoritma
3.       Analisa Algoritma
4.       Coding
5.       Pengujian Program
6.       Implementasi
7.       Dokumentasi
Algoritma adalah urutan langkah – langkah yang sistematis untuk menghasilkan output yang tepat guna atau efektif dalam waktu yang singkat dan penggunaan memori yang relatif sedikit dengan langkah yang berhingga dan prosesnya berakhir, baik dalam keadaan diperolehnya solusi atau tidak ada solusi. Algoritma dapat disajikan dengan 2 cara, yakni :
1.       Secara tulisan
Contohnya adalah pseudocode
2.       Secara gambar
Contohnya adalah flowchart

Gerbang Logika Dasar

Gerbang logika merupakan dasar pembentukan sistem digital. Gerbang logika beroperasi dengan bilangan biner, sehingga disebut juga gerbang logika biner. Berikut ini adalah bentuk dari berbagai gerbang logika dasar :
           

1)      AND

2)      OR
3)      NOT
4)      NAND(NOT AND)
5)      NOR(NOT OR)
 

6)      XOR(EXCLUSIVE OR)


Dalil Boolean :

1)      X = 0 atau X =1
2)      0 . 0 = 0
3)      1 + 1 = 1
4)      0 + 0 = 0
5)      1 . 1 = 1
6)      1 . 0 dan 0 . 1 = 0
7)      1 + 0 dan 0 + 1 = 1


Teorema Boolean :

1)      Komutatif
A + B = B + A
2)      Asosiatif
(A + B) + C = A + (B+C)
(A . B) . C = A . ( B . C )
3)      Distributif
A  . ( B + C) = A . B + A . C
A  + ( B . C) = (A + B) .  (A + C)
4)      Identitas
A + 0 = A
A . 1 = A
5)      Negasi
A’ + A = 1
A’ . 0 = 0
6)      Idempoten
A + A =A
A . A =A
7)      Ikatan
A + 1 = 1
A . 0 = 0
8)      Absorbsi
(A . B) + A = A
(A  + B) .  A = A
9)      De Morgan`s
(A  . B)’  = A’ + B’
(A  + B)’  = A’ . B’
10)   Involusi
(A’)’ = A
0’ = 1
1’ = 0

Logika Proposisi

v  Konjungsi ( Lambangnya adalah : ^ )
Dalam konjungsi, di dalam tabel kebenarannya jika kedua kondisi TRUE (bernilai benar) maka yang lain bernilai FALSE.
v  Disjungsi ( Lambangnya adalah : v )
Dalam disjungsi, di dalam tabel kebenarannya jika kedua kondisi FALSE (bernilai salah) maka yang lain bernilai TRUE.
v  Negasi ( Lambangnya adalah : )
Dalam tabel kebenaran Negasi adalah kebalikan dari kondisi awal, jika awalnya berkondisi TRUE maka setelah dinegasikan maka akan berkondisi FALSE.
v  Implikasi ( Lambangnya adalah : -> )
Dalam tabel kebenarannya, jika kondisi pertama bernilai TRUE lalu kondisi kedua bernilai FALSE maka kondisi akan berniali FALSE dan sisanya yang lain bernilai TRUE.
v  Biimplikasi ( Lambangnya adalah : <-> )
Dalam tabel kebenarannya, jika kedua kondisi sama – sama benar atau sama – sama salah maka kondisinya bernilai TRUE dan sisanya bernilai FALSE.

Berikut ini adalah contoh tabel kebenarannya :
P
Q
P ^ Q
P v Q
P'
P -> Q
P <-> Q
TRUE
TRUE
TRUE
TRUE
FALSE
TRUE
TRUE
TRUE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
FALSE
TRUE
TRUE
TRUE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
FALSE
TRUE
TRUE
TRUE

Keterangan :
·         P dan Q adalah pernyataan yang digunakan
·         Warna tulisan merah merupakan kunci mudah untuk membedakan antar kondisi

Inferensi Logika

Berikut ini adalah bentuk - bentuk Inferensi :

1.       Modus Ponen
P -> Q
Q
          --------------
    Q
2.       Modus Tollen
P -> Q
~ Q
          --------------
  ~ P
3.       Penambahan Disjungtif
P
          --------------
 P v Q
   

Q
         --------------
        P v Q

4.       Penyederhanaan Konjungtif
P ^ Q
           --------------
   P



P ^ Q
          --------------
   Q
5.       Silogisme Disjungtif
P  v Q
~ P
             --------------
   Q

P  v Q
~ Q
             --------------
     P

6.       Silogisme Hipotesis
P  v Q
Q -> R
             --------------
     P -> Q
7.       Dilema
P  v Q
P -> R
Q -> R
            --------------
  R
8.       Konjungsi
Q
           --------------
    P  ^ Q

Selasa, 08 Mei 2012

Program Input Data Mahasiswa

{PROGRAM  LAPORAN Mahasiswa}
{Created By Yongki}
uses crt;
var
   NAMA   : Array[1..20] of String[20];
   NPM    : Array[1..20] of String[8];
   FAK    : Array[1..20] of String[2];
   ANGK   : Array[1..20] of String[2];
   BPP    : Array[1..20] of LONGINT;
   I,N    : Byte;
   Total  : LONGINT;
   lagi   : char;
BEGIN
                ClrScr;
        lagi := 'Y';
while lagi ='Y' do
        Begin
        I:=I+1;
        WRITELN('Masukkan data ke : ',I);
        WRITE('Nama             : ');readln(nama[I]);
        WRITE('NPM              : ');readln(npm[I]);
        FAK[I]  := COPY(NPM[I],1,1);
        ANGK[I] := COPY(NPM[I],4,2);
        write('Masukkan Data Lagi?? ');
        readln(lagi);
        IF ANGK[I]='11' THEN BPP[I] := 2000000
           ELSE IF ANGK[I] = '10' THEN BPP[I] := 1750000
                ELSE IF ANGK[I] = '09' THEN BPP[I] := 1600000
                     ELSE BPP[I] := 1500000;
        TOTAL := TOTAL + BPP[I];
        end;

                CLRSCR;
        GotoXY(10,2); WRITE('Daftar Mahasiswa');
        GotoXY(10,3); WRITE('--------------------------------------------------------');
        GotoXY(10,4); WRITE('No    NPM','NAMA':8,'FAK':10,'ANGK':11,'BPP':12);
        GotoXY(10,5); WRITE('--------------------------------------------------------');

                For N := 1 to I  do
        Begin
        GotoXY(10,5+N); WRITEln(N:1,'   ', NPM[N]:5, NAMA[N]:8, FAK[N]:9, ANGK[N]:11, BPP[N]:12);
        end;
        GotoXY(10,11); WRITEln('--------------------------------------------------------');
        WRITE('TOTAL BPP = ', TOTAL);
        delay(1000);
END.


berikut ini adalah output dari program :

Program Perpangkatan Pada Pascal

{Program Perpangkatan}

uses crt;
Var
X, x2, x3 : integer;
Seperx : real;
Begin
clrscr;
WriteLn('---------------------------------');
WriteLn(' x x*x x*x*x 1/x');
WriteLn('---------------------------------');
FOR x:= 1 to 10 DO
Begin
X2 := x*x;
X3 := X*X*X;
Seperx := 1/x;
WriteLn(x:3,x2:8,x3:8,seperx:12:3);
End;
WriteLn('---------------------------------');
delay(2000);
End.

berikut ini adalah output programnya :

Program Faktorial Pada Pascal

{Program Faktorial}
Uses Crt;

Var
a,z,c : integer;
b : longint;

begin
        writeln('Masukkan Nilai Awal : ');
        readln (c);
        writeln('Masukkkan Nilai Akhir : ');
        readln(z);
                writeln('=============');
                writeln(' n         N!');
                writeln('=============');

                b :=1;
                for a := c to z do
                  begin
                  write(a:3,'');
                  b:=b*a;
                  write(b:10);
                  writeln;
                  end;
readln;
clrscr;
end.


berikut ini adalah contoh output dari listing program diatas :

 

Jumat, 04 Mei 2012

Contoh Cara Pembuatan Games Pada Visual Basic

Componen pada Toolbox yang kita gunakan adalah :
1.      OptionButton(3 Buah)
2.      Label(5 Buah)
3.      Shape(3 Buah)
4.      CommandButton(3 Buah)
5.      Timer (3 Buah)

Langkah Pembuatannya :
Klik 2 kali pada bagian form yang kosong. Lalu jika ada tulisan seperti dibawah ini, hapus tulisan itu.
Private Sub Form_Load()
End sub
Lalu ketikkan syntax dibawah ini :
Private Sub Command1_Click()
a = Option1
b = Option2
c = Option3

If a = True Then
    a = vbRed
    End If
If b = True Then
    b = vbGreen
    End If
If c = True Then
    c = vbBlue
    End If
   
If Label3.BackColor = a Then
    Timer1.Enabled = False
    Label4.Visible = False
    Label5.Visible = False
ElseIf Label4.BackColor = b Then
    Timer2.Enabled = False
    Label5.Visible = False
    Label3.Visible = False
ElseIf Label5.BackColor = c Then
    Timer3.Enabled = False
    Label3.Visible = False
    Label4.Visible = False
Else: MsgBox "Anda Kurang beruntung", 0, "coba lagi"
        Timer1.Enabled = True
        Timer2.Enabled = True
        Timer3.Enabled = True
    End If
   
    If Timer1.Enabled = False Or Timer2.Enabled = False Or Timer3.Enabled = False Then
    MsgBox "Jakpot", 0, "Selamat"
    End If
End Sub

Private Sub Command2_Click()
End
End Sub

Private Sub Command3_Click()
Timer1.Enabled = True
Timer2.Enabled = True
Timer3.Enabled = True
Label3.Visible = True
Label4.Visible = True
Label5.Visible = True
End Sub

Private Sub Form_Load()
Shape1.FillColor = vbRed
Shape1.FillStyle = 0
Shape2.FillColor = vbGreen
Shape2.FillStyle = 0
Shape3.FillColor = vbBlue
Shape3.FillStyle = 0
Label1.Caption = "Games Menebak Warna"
Label2.Caption = "Pilihanlah Warna Yang Tersedia Dibawah Ini :"
Command1.Caption = "Oke"
Command2.Caption = "End"
Command3.Caption = "Coba Lagi"
End Sub

Private Sub Timer1_Timer()
warna = Int((Rnd) * 3)
If warna = 1 Then
Label3.BackColor = vbRed
ElseIf warna = 2 Then
Label3.BackColor = vbGreen
Else: Label4.BackColor = vbBlue
End If
End Sub

Private Sub Timer2_Timer()
warna = Int((Rnd) * 3)
If warna = 1 Then
Label4.BackColor = vbRed
ElseIf warna = 2 Then
Label4.BackColor = vbGreen
Else: Label4.BackColor = vbBlue
End If
End Sub

Private Sub Timer3_Timer()
warna = Int((Rnd) * 3)
If warna = 1 Then
Label5.BackColor = vbRed
ElseIf warna = 2 Then
Label5.BackColor = vbGreen
Else: Label5.BackColor = vbBlue
End If
End Sub

Setelah itu klik 1 kali pada masing” Timer (yang berbentuk seperti jam)..
Lihat dibagian kanan layar carilah kotak dialog Properties dan gantilah interval pada timer1 yaitu 10, interval pada timer2 adalah 20 dan interval pada timer3 adalah 30.

^^