Desain yang dibuat
Penjelasan Desain
1. Desain 1
Desain 1 merupakan desain dari permodelan 3 dimensi dan 2
dimensi. Desain 3 dimensi yang digunakan adalah pada logo kelas 3IA06 sementara
bagian lain dari tampilan merupakan desain 2 dimensi.
Tujuan pembuatan desain ini adalah sebagai sarana hiburan
bagi siapapun yang melihat desain ini,karena ini merupakan desain dari game
yang dibuat dengan menggunakan program strawberry
prolog. Logo 3 dimensi dari 3IA06 bertujuan untuk menujukkan bahwa pembuat
desain berasal dari kelas 3IA06 dari Universitas Gunadarma.
Pesan yang ingin disampaikan oleh pembuat desain diantaranya
adalah sebagai mahasiswa Universitas Gunadarma, kita harus dapat menunjukkan
diri kita sebagai mahasiswa dari Jurusan Teknik Informatika dengan berbagai
tindakan dan karya yang nyata dan dapat digunakan dan dirasakan dampaknya bagi
orang lain. Karena menurut saya,”kuliah itu bukan untuk nilai, tapi untuk
ilmu.”
2. Desain 2
Desain 2 merupakan hasil karya tangan yang digambar pada
aplikasi Paint Tool SAI kemudian dilakukan pengeditan dengan Adobe Photoshop
CS3. Selama proses penggambaran digunakan Graphic Tablet.
Tujuan dari pembuatan desain 2 adalah untuk memotivasi orang
yang melihat desain untuk tetap semangat. Sementara pesan yang terdapat di
dalam desain yang kedua adalah “Everythings gonna be Okay”, ini merupakan
sebuah kalimat yang bermakna untuk menghibur dan memberikan semangat baru
kepada siapapun yang sedang melihat desain ini.
Estetika Visual yang digunakan
Desain dua dimensi didasarkan pada penggunaan unsur-unsur
visual dan prinsip-prinsip desain untuk membuat komposisi yang sukses. Berikut
ini adalah unsur-unsur dan
prinsip-prinsip yang saya pergunakan dalam
tahap awal desain.
Visual Elements - Dua Dimensi Desain / Seni
Definisi: Elemen Visual merupakan dasar untuk seni dan
desain. Mereka memberikan dasar
untuk membangun komposisi. Menerapkan Prinsip Desain ke Elements Visual menciptakan estetis
terdengar sepotong.
Pertimbangkan tabel unsur kimia. Unsur-unsur yang tercantum dalam tabel make-up
semua di planet kita. Berikut Unsur Visual terdaftar membuat semua dalam dua dimensi
seni dan desain.
untuk membangun komposisi. Menerapkan Prinsip Desain ke Elements Visual menciptakan estetis
terdengar sepotong.
Pertimbangkan tabel unsur kimia. Unsur-unsur yang tercantum dalam tabel make-up
semua di planet kita. Berikut Unsur Visual terdaftar membuat semua dalam dua dimensi
seni dan desain.
1.Line
2.Shape
3. Space (Positive and Negative)
4. Time and Motion
5. Color
6. Typography
Line
Line terbagi atas 2 jenis yaitu :
a. Actual : Karakteristik, Ilustrasi berikut adalah yang paling
umum digunakan yaitu "garis sebenarnya". Jenis lain dari garis meliputi;
tajam, bergerigi, keras, lembut, tebal, tipis, compang-camping dan tidak
teratur. Salah satu jenis garis tidak dianggap lebih baik daripada yang lain dalam
desain. Itu fungsi desain akan menentukan jenis (jika ada) garis untuk memilih.
b. Implied : Sebuah "sebenarnya" tidak ada garis, melainkan
garis yang tersirat atau psikis.
Jalur ini dapat tersirat atau bahkan psikis dengan sugesti, ilusi, substitusi visual,
atau sesuatu yang Anda dapat merasa-seperti arah. Contohnya adalah ketika kiata ingin menghubungkan titik-titik.
Jalur ini dapat tersirat atau bahkan psikis dengan sugesti, ilusi, substitusi visual,
atau sesuatu yang Anda dapat merasa-seperti arah. Contohnya adalah ketika kiata ingin menghubungkan titik-titik.
Shape
Pada kedua desain diatas,digunakan shape terutama untuk
membuat tembok,logo 3 dimensi, dan layar utama tampilan.
Positive and Negative Space
Ruang positif adalah gelap (juga disebut gambar) dan negatif
adalah cahaya (juga disebut tanah). Keduanya penting dalam desain. Banyak desainer
muda hanya berkonsentrasi pada positif (yaitu jenis, citra, bentuk padat ....) tanpa
mempertimbangkan negatif aspek potongan. Pada Gambar pertama (Gambar tentara)
& gambar kedua digunakan Positif space dimana latar belakang putih diikuti
dengan desain yang bewarna hitam.
Time/Motion
Waktu dapat digambarkan melalui fotografi berurutan. Gerak dapat
digambarkan
melalui fotografi juga. Panning dengan benda bergerak untuk mengaburkan latar belakang, atau
rana lambat pada subjek yang bergerak untuk mengaburkan subjek teknik yang sering digunakan. Fotografi dapat menyiratkan gerak melalui teknik khusus juga, seperti slow shutter disaat zooming. Selain itu juga dapat membuat blur pada foto yang ada dengan menggunakan software photo editing. Beberapa cara lain untuk menggambarkan gerak yang memanfaatkan pengulangan dan irama, juga melalui animasi dalam desain web.Desain 1 menggunakan motion dengan pemberian motion pada saat pembuatan desain dengan menggunakan photoshop.
melalui fotografi juga. Panning dengan benda bergerak untuk mengaburkan latar belakang, atau
rana lambat pada subjek yang bergerak untuk mengaburkan subjek teknik yang sering digunakan. Fotografi dapat menyiratkan gerak melalui teknik khusus juga, seperti slow shutter disaat zooming. Selain itu juga dapat membuat blur pada foto yang ada dengan menggunakan software photo editing. Beberapa cara lain untuk menggambarkan gerak yang memanfaatkan pengulangan dan irama, juga melalui animasi dalam desain web.Desain 1 menggunakan motion dengan pemberian motion pada saat pembuatan desain dengan menggunakan photoshop.
Color
Typography
Typography merupakan kemampuan untuk merancang dengan
tipografi yang sangat penting. Pada desain 1 digunakan typography untuk
menempatkan tulisan disudut kiri atas layar tampilan,yaitu tulisan berikut :
DESAIN YANG DIGUNAKAN
Dalam perancangannya, Desain 1 menggunakan Asymmetrical
Balance => Desain asimetris biasanya off-center atau dibuat dengan jumlah
ganjil atau tidak serasi elemen berbeda. Namun, Anda masih dapat memiliki desain
yang menarik tanpa simetri yang sempurna.
Sementara, desain 2 menggunakan Symmetrical Balance => Keseimbangan
simetris merupakan yang paling mudah untuk digunakan melihat dalam komposisi sempurna
berpusat atau mereka dengan gambar cermin. Dalam desain dengan hanya dua elemen
mereka akan hampir identik atau hampir massa visual yang sama. Jika salah satu
unsur digantikan oleh yang lebih kecil, itu bisa membuang halaman dari simetri.
Untuk mengambil kembali keseimbangan simetris sempurna Anda mungkin perlu menambah
atau mengurangi atau mengatur ulang unsur-unsur sehingga mereka merata membagi halaman
seperti keselarasan terpusat atau yang membagi halaman bahkan segmen (bagian, perempat,
dll).
ALIGNMENT yang digunakan
Desain 1 menggunakan 4 macam alignment,yaitu :
- vertical alignment=> Dalam alignment vertikal margin atas dan bawah yang persis sama atau visual. Alignment vertikal dapat menjadi halaman penuh atau dalam bagian halaman.
- edge alignment => Ujung baris keselarasan up teks atau objek di sepanjang atas mereka, bawah, kiri, atau tepi kanan.
- center alignment => Pusat keselarasan dapat horiztonally atau vertikal sejajar, atau keduanya.
- visual or optical alignment => Visual atau optik keselarasan perbaikan beberapa masalah yang dapat terjadi dengan jenis lain alignment karena bentuk berbagai huruf dan grafis. Dalam keselarasan visual obyek mungkin tidak tepat sesuai tapi mata mereka muncul berbaris.
Sementara desain 2 hanya menggunakan center alignment karena
pendesainnannya hanya terpusat ditengah.
Sumber referensi :
- The Graphic Designer's Digital Toolkit 5th ed. - A. Wood (Cengage, 2011) BBS.pdf
- Two Dimensional Disgn Theory Journal.pdf
- Graphic Design Solutions 4th Edition.pdf
- Graphics Design Principles.ppt
- http://dens-ray.blogspot.com/2008/09/blog-post.html
- http://www.ilmugrafis.com/photoshop_foto11.php?page=membuat-animasi-3d-photoshop
- WIKIPEDIA
0 komentar:
Posting Komentar