Laman

Categories

Kamis, 19 Januari 2012

Bulan Mati 17-19 Januari, Waspadai Rob di Jakarta



Jakarta - Pada 17-19 Januari 2012 terjadi bulan mati. Pada saat bulan mati dan bulan purnama menyebabkan pasang air laut sehingga dikhawatirkan terjadi rob di sekitar pantai Jakarta.

"Pada 17 hingga 19 Januari kita peringatkan kemungkinan adanya rob karena air laut pasang akibat siklus bulan mati. Ketinggian pasang air laut diperkirakan 1,1 meter berdasarkan astronomi," kata Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kukuh Ribudiyanto kepada detikcom, Rabu (18/1/2012).

Menurut dia, dalam sebulan terjadi dua periode terjadinya air laut pasang, yaitu ketika bulan purnama dan bulan mati yang berselang 15 hari. Jika terjadi pertemuan hujan lebat di hilir dan rob, maka wilayah pantai utara Jakarta mesti waspada.

BMKG juga memperingatkan kemungkinan hujan di daerah hulu, seperti Bogor dan Depok. Jika ada hujan deras di hulu, maka air di hulu akan dikirim ke wilayah Jakarta. Inilah yang menyebabkan adanya banjir kiriman.

"Sementara ini banjir karena perpaduan rob dan kiriman air dari hulu. Karena itu daerah yang biasa langganan banjir harus tetap waspada," ucap Kukuh.

Sementara itu, limpahan rob saat ini melanda Jl Kamal Benda di Jakarta Barat sehingga lalu lintas harus dialihkan ke Jl Prancis-Dadap. Rob juga menggenangi daerah Jelambar.



sumber : disini

0 komentar:

Posting Komentar

^^